Photobucket
Loading
bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online
Mohon beri masukan, saran, dan kritikan mengenai isi kontens posting blog ini, dan kalau diperlukan diharapkan kerjasama Anda dalam mengisi kontens posting blog ini.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Dan diharapkan untuk daftarkan diri menjadi bagian dari NetworkedBlogs atau Follow Us
Admin - waroengpakde

Thursday 26 May 2011

Bagaimana Seharusnya Penggunaan Image dan Flash


Image
Penggunaan image dalam website tidak dapat di hindari, baik itu hanya untuk menunjukkan sebuah gambar foto atau pun penggunaan image sebagai navigasi menu. Menempatkan image dalam website membutuhkan code html , di dalam tag kita dapat menambahkan beberapa atribut seperti "alt" atau "title", penggunaan "alt" sendiri berguna untuk menggantikan image dengan menampilkan text apabila fungsi show image dalam browser di non-aktivkan, sedangkan "title" berguna untuk menampilkan tulisan (semacam tulisan nasihat dalam kotak yang muncul), seperti gambar di bawah ini:

cpanel
Atribut "alt" menggantikan gambar yang tidak muncul dengan sebuah text, dan atribut "title" menampilkan tulisan semacam nasehat atau deskripsi singkat mengenai gambar tesebut dalam sebuah kotak yang muncul ketika pointer mouse kita arahkan diatas image tersebut.

Atribut "alt" dalam hubungannya dengan Google, sesuai pernyataan Matt Cutts

"Provides some useful tips on how to optimize the images you include on your site, and how simply providing useful, accurate information in your ALT attributes can make your photos and pictures more discoverable on the web."

Kita sebaiknya menyediakan deskripsi yang akurat dan berguna dalam atribut ALT, sehingga membuat photo atau image kita dapat dibaca dengan baik di internet. Menurut saya hal ini ada hubungannya dengan Google image search, dimana google akan menyediakan hasil pencarian image berdasarkan text yang ada di atribut ALT, sehingga penempatan keyword pada atribut ALT boleh - boleh saja tetapi sebaiknya di barengi dengan menuliskan nama image tersebut dengan benar. Contoh image A adalah gambar bunga matahari, maka sebaiknya atribut ALT di isi dengan "bunga matahari" bunga matahari.

Sesuai dengan pernyataan Matt Cutts mengenai penggunaan ALT dan TITLE

As the Googlebot does not see the images directly, we generally concentrate on the information provided in the "alt" attribute

Google lebih memilih untuk melihat image melaui "alt", daripada "title".


Flash
Penggunaaf flash dalam sebuah website sudah bukan hal yang baru lagi, saat ini sudah banyak sekali website - website yang menggunakan flash untuk memperindah tampilan website mereka, ada yang digunakan sebagai sebuah animasi, navigasi head dll....

Sebenarnya Googlebot sudah dapat masuk dan mengcrawl text yang ada di file flash .swf, seperti gambar search result website seo web directory di bawah ini :

Googlebot masuk ke file flash swf

Pernyataan Mark Berghausen mengenai file flash

All of this means that even if your Flash content is in our index, it might be missing some text, content, or links

Bahkan jika file flash anda sudah terindex Google, bukan berarti text yang ada dalam file flash tersebut ter index dengan benar 100%, beberapa content text dan link tidak dapat terindex karena Googlebot tidak punya mata untuk melihat secara sempurna dalam sebuah file flash.

Jadi penggunaan file flash seharusnya:
  1. Gunakan Flash jika anda memang membutuhkannya, bahkan Youtube, media yang banyak menggunakan flash, lebih memilih menggunakan HTMl untuk content dan navigasinya daripada flash.
  2. Jika anda menggunakan Flash sebagai navigasi, maka sebaiknya anda menambahkan link versi HTML nya pada footer halaman web anda atau membuat halaman sitemap HTML seperti sitemap1, sitemap2, sitemap3 , ini berguna untuk menyalurkan Googlebot ke halaman lain website anda.
Jadi kesimpulannya, sebaiknya kita mengetahui bagaimana peggunaan file flash atau image dengan baik dalam hubungannya dengan faktor onpage optimization website kita.

© Copyright ilmuwebsite.com 2008
Jika anda me-link artikel ini kami menghargainya



Artikel Category => Artikel Search Engine

Suka dengan artikel ini? Tambahkan pada Blog/Web anda untuk Extra Content
Untuk Pengguna Blogger tinggal Copy Code dibawah ini lalu masukkan ke postingan anda
Utk Wordpress tinggal Copy Code dibawah ini, masuk ke postingan anda gunakan mode "Code" lalu Paste

No comments:

Post a Comment

Berikan Opini Anda tentang Topik ini

Entri Populer