Loading
Mohon beri masukan, saran, dan kritikan mengenai isi kontens posting blog ini, dan kalau diperlukan diharapkan kerjasama Anda dalam mengisi kontens posting blog ini.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Dan diharapkan untuk daftarkan diri menjadi bagian dari NetworkedBlogs atau Follow Us
Admin - waroengpakde

Thursday, 13 August 2009

Tugas CorelDraw I (Pembuatan Logo Bank BRI)

Tugas Khusus kelas XII IPA
Pembuatan Logo Bank BRI
Ketentuan Pengerjaan :
1. Dikerjakan di kertas Kwarto Landscape
2. Skala 1 : 1, Nudge 0,01 cm
3. Satuan diubah ke Centimeter
4. Titik Koordinat dan Garis Bantu Sb X dan Sb Y
5. Diprint out 2 Lembar, dimana 1 lembar proses pembuatan dan 1 lembar Logo yang jadi
6. Setiap lembar sudah terketik Nama, Kelas, Tugas Bulanan 1, Tanggal Pembuatan
7. Ditulis langkah-langkah pembuatannya ke dalam kertas Double Folio dengan rapi
8. Disimpan ke dalam disket atau flashdisk (di dalam disket/flashdisk terdapat dua tugas yaitu tugas Logo Kawasaki tugas Logo Bank BRI
9. Tugas Bulanan I ini merupakan Bahan Ujian Praktek Bulanan I
10.Dikumpul pada tgl 31 Agustus 2009 XII IPA3, XII IPA1 dan XII IPA2 dan tgl 01 September 2009 XII IPA4


Secara garis besar ketentuan pengerjaan :
Gambar Asli Logo Bank BRI yang akan dibentuk


Perhatikan Toolbar di bawah ini sebagai bahan di dalam pembuatan Logo Bank BRI


1. Bentuk Persegi panjang yang ukurannya 4 cm x 4 cm dan bentuk ukuran disetiap sudutnya 20 sehingga membentuk seperti di bawah ini :

Kemudian copy-kan dengan menjadi dua bagian kemudian hasil copy-an tersebut bentuk ukurannya menjadi 3,5 cm x 3,5 cm setelah itu gabungkan kedua persegi tersebut dengan mengklik Arrange - Combine.

2. Bentuk titik koordinat di sudut kiri bawah persegi I yang ukuran 4 cm x 4 cm.

3. Bentuk garis bantu Sb X dan Sb Y dengan ketentuan sebagai berikut :
Vertical :
Y0 = 0; Y3 = 2; Y6 = 4
Horizontal :
X0 = 0; X3 = 2; X6 = 4

4. Berikutnya klik Pen Tool dalam toolbox kemudian klik pada tempat-tempat tertentu hingga membentuk objek seperti dibawah ini :


5. Berikutnya klik Shape Tool dalam toolbox atau tekan tombol F10, setelah itu klik pada segmen garis berikut kemudian klik Convert Line To Curve pada property bar untuk merubah segmen garis tersebut menjadi bentuk garis kurva, kemudian lakukan dragging pada control handle untuk merubah bentuk garis kurva tersebut (object I) sehingga membentuk huruf B.

6. Setelah klik gambar persegi panjang yang sudah di combine tersebut bersamaan dengan object I yang telah berubah menjadi huruf B tersebut dan lakukan klik menu Arrange - Shapping - Weld.

7. Lakukan perintah ke-5 pada object II untuk membentuk huruf R, kemudian lakukan perintah ke-6 untuk melakukan klik menu Arrange - Shapping - Weld.

8. Gabungkan seluruh gambar tersebut dengan drag seluruh gambar dan klik kanan mouse - Grouping.

9. Klik Text Tool dalam toolbox kemudian klik satu kali dan ketik BANK BRI dengan ukuran font 36 point, jenis font Swiss 721 blk BT

10. Pilih kedua object tersebut kemudian tekan Ctrl + G untuk melakukan Group ke dua Object tersebut.

11. Berikutnya tekan Rectangle Tool untuk membentuk persegi panjang dengan ukuran 7,3 cm x 7,3 cm dan ubah Left Rectangle Corner Roundness menjadi 20 dalam property bar.

12. Shift + klik pada logo BRI kemudian tekan C kemudian E kemudian klik kotak persegi yang besar tersebut dan beri warna Blue/Biru kemudian tekan Shift + PageDown.

13. Setelah itu klik logo kemudian klik warna White dalam color palette, klik kotak warna biru kemudian tekan tombol plus dalam keypad kemudian ubah ukuran kotak menjadi 8 cm selanjutnya klik warna Orange.

14. Kemudian tekan Shift + PageDown

15. Klik logo BRi dengan Pict Tool kemudian tekan Ctrl + U kemudian msih klik logo BRI klik menu Efect - Bevel dan atur Style : Soft edge, Bevel offset : To Center, Shadow Color : Yellow/Kuning, Light Color : White/Putih, Intensity : 100, Direction : 239 dan Altitude : 19 kemudian klik Apply.

16. Lakukan yang sama pada teks BANK BRI.

17. Maka hasilnya seperti berikut :


Catatan :
Jika kurang jelas bisa kamu jumpai guru pembimbing kamu. Selamat Mencoba! Oke Gampangkan!

No comments:

Post a Comment

Berikan Opini Anda tentang Topik ini

Entri Populer